Radio Sushi 99.1 FM

DOKTER FARHAAN “Ayo Remaja Segera Vaksinasi”

38

Padang – Remaja, ayo vaksinasi. Lindungi dirimu, keluarga dan orang-orang disekitarmu.
Itu disampaikan Dokter dan Swabber, Kol CKM (Purn). dr. Farhaan Abdullah SP. THT-KL kepada andiko Fani, ketika menjadi narasumber dalam talkshow Kerjasama Harian Singgalang dengan BNPB dan Satgas Covid-19 yang disiarkan secara live dari studio Radio Sushi 99.1 FM, Jumat (20/8).
“Awalnya, vaksin hanya diperuntukan untuk mereka berumur diatas 18 tahun. Namun, sekarang, vaksin aman untuk remaja usia 12 – 17 tahun,” tegas Farhaan Abdullah.
Namun, sebelum mengikuti vaksin, mereka harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Mulai dari konsultasi ke dokter dan tidak ada penyakit penyerta seperti, hipertensi, kanker, autoimun, asma, diabetes, kelainan kanker darah.
“Supaya aman divaksin, tekanan darah tidak boleh tinggi. Begitupula dengan diabetes tak tinggi gula darahnya. Sebelum divaksin sebaiknya jangan berolahraga berlebihan, karena akan menurunkan imunitas tubuh. Hindari alkohol dan tidur yang cukup, dikhawatirkan efeknya kurang bagus. Selanjutnya, lakukan skrining,” jelas dokter yang sudah memswab 6 ribu orang.
Terkait dengan jenis vaksin, tidak boleh memilih. Sebab, semua vaksin bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Kalaupun terpapar, maka efek yang berat menjadi sedang, sedang menjadi ringan ataupun tidak ada gejala klinis.
“Di Sumbar, sudah ada vaksin Sinovac, Astrazaneca dan Moderna. Dengan target vaksin 70 ribu, yang sudah di vaksin 45 persen. Tenaga kesehatan saat ini sedang vaksin ketiga yakni moderna,” jelas Farhaan Abdullah seraya mengimbau para remaja untuk segara vaksinasi.
Sebab, vaksin ini melindungi dirimu, keluarga, dan orang-orang disekitarmu.
“Seperti kita ketahui para remaja hobby nongki-nongki di cafe. Jangan sampai pulang ke rumah membawa virus. Ayo vaksin, lindungi dirimu, keluarga dan orang-orang sekitarmu. Vaksin merupakan pertahanan tubuh menghadapi virus Corona nantinya,” jelasnya.
Di akhir sesi wawancara ia mengimbau, agar patuhi protokol kesehatan (prokes). Mari kita lawan virus dengan prokes. Selalu pakai masker, jaga jarak minimal satu meter, cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, hindari kerumunan dan batasi keluar rumah ataupun seperlunya saja.
Kemudian, ia mengajak semua masyarakat untuk vaksin, agar kita cepat selesai hadapi Covid-19.

Leave A Reply

Your email address will not be published.