Radio Sushi 99.1 FM

Hari Pers Nasional Momentum Pemulihan Ekonomi

163

Padang,
Walikota Padang, Mahyeldi Ansharulllah menilai peran pers sangat mendukung kemajuan dan pembangunan di Kota Padang.
Itu disampaikan Walikota Padang ketika menjadi narasumber talkshow melalui sambungan seluler, yang dipandu andiko Sigit, di Radio Sushi 99.1 FM, Rabu (10/2).
“Peranan pers sangat mendukung kemajuan agar pembangunan di Kota Padang berjalan dengan baik. Begitu pula dengan masyarakat yang menerima informasi yang disampaikan para wartawan melalui medianya masing-masing dapat mengedukasi masyarakat cerdas dan arif menyikapi persoalan yang ada,” jelasnya.
Lebih lanjut dijelaskannya informasi dan pemberitaan yang ditulis mereka melalui tinta emas, mampu menciptakan masyarakat cerdas, memotivasi dan peka terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah.
“Dengan momentum hari pers yang jatuh setiap tanggal 9 Februari itu hendaknya, pers berperan untuk kemajuan daerah dan bangsa lebih konkrit lagi,” ucapnya.
Ditambahkannya, fungsi pers adalah memberitakan dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Itu sudah ada kode etik yang harus di miliki pers dan jurnalis. Ketika pers mengkritisi kinerja suatu instansi, hendaknya disikapi secara arif dan bijaksana. Itu semua demi perbaiki dan kemajuan kota kedepannya.
“Setiap instansi hendaknya menyikapi secara positif bukan berpandangan negatif. Anggap itu sebagai kecintaan mereka supaya kita bekerja dengan maksimal. Ketika ada kritikan itu, harus dijawab dengan kinerja dan kegiatan dan amal,” tegasnya.
Cermati kritikan tersebut, dan robah kinerja agar menjadi lebih baik kedepanya. Namun, ketika penyajian tidak proposional dan profesional, hendaknya mereka berpijak terhadap kode etik pers.
Sebab, dahulu Sumatera Barat terkenal dengan tokoh pers. Sebut saja, Adinegoro yang namanya diabadikan dalam berbagai pemberian penghargaan pers nasional. Ada lagi Khairul Saleh dan Rosihan Anwar. Namun sekarang diakuinya agak berkurang. Tapi saat ini mulai bermunculan nama tokoh pers seperti Karni Illyas, Khairul Jasmi, Hasril Chaniago dan Desi Anwar. Nama-nama mereka cukup dikenal publik, dengan kapasitas yang dimilikinya.
Ia berharap pemerintah dan pers bersinergi demi pembangunan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Kemudian pers memberikan kritikan membangun dan terus pertahankan idealisme pers.
“Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 merupakan upaya membangkitkan semangat pers dalam memajukan pembangunan daerah,” tutur Mahyeldi dan sekaligus menghimbau kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan handsanitizer ataupun sabun.
“Saat ini Kota Padang dalam zona kuning. Itu adalah kabar yang sangat baik. Artinya virus corona sudah dapat dikendalikan. Saya berharap, perekonomian cepat mengeliat kembali”, tegasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.