Radio Sushi 99.1 FM

TALKSHOW UNIVERITAS TERBUKA DI RADIO SUSHI 99,1 FM

158

Menggapai Impian Studi Lanjut Tanpa Batasan Usia

Padang, Singgalang
Menggapai impian studi lanjut tanpa batasan usia. Itulah topik talkshow Universitas Terbuka di Radio Sushi 99,1 FM, Rabu (6/1).
Talkshow yang dilakukan secara virtual Zoom, menghadirkan narasumber Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar UT Padang, Dr. Fatia Fatimah, S. Si., M. Pd dan ICT UT Padang, Musmeldi, S. Kom.
Pada kesempatan itu, Fatia Fatimah memberikan materi pentingnya impian studi lanjut dan upaya meraihnya.
Untuk itu, jangan pernah menyerah sebelum mencoba. Sebab, di dunia ini tidak ada yang pasti namun tidak ada yang tidak mungkin. Selama mimpi, niat dan usaha itu ada, mengubah mimpi itu untuk jadi kenyataan bukanlah hal yang tidak mungkin.
“Di UT tidak ada batasan usia. Yang jelas punya ijazah SMA dan kemauan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Malahan ada mahasiswa kami yang usianya sudah memasuki pensiunan,” ucapnya.
Sebab, dengan pendidikan yang tinggi, kita memiliki peluang besar untuk meraih asa lebih tinggi, memiliki lebih banyak pilihan, memiliki cakrawala berpikir yang lebih luas, pikiran kita juga akan lebih terbuka pada banyak.
Lebih lanjut dijelaskannya, kalau Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.
Bergabung dengan Universitas Terbuka, pasti selangkah lebih maju, sebab kampus UT banyak pilihan. Ada empat Fakultas di UT, yakni Fakultas Ekonomi (Fekon), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Menariknya, sejak 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana.
Lebih lanjut dijelaskannya, segudang keunggulan UT adalah perguruan tinggi negeri milik pemerintah. Terakreditasi BAN-PT semua prodi A dan B. Menariknya, tanpa tes masuk, tanpa uang pembangunan, tanpa biaya wisuda dan uang kuliah tunggal.
Pembayaran SPP terjangkau, ada layanan paket dan non paket, belajar mandiri, bahan ajar cetak dan non cetak (digital).
Disamping itu, ada pula bimbingan tutor secara on-line (webinar) dan tatap muka, registrasi sepanjang masa, penerimaan mahasiswa baru dua kali setahun. Mulai Agustus- Januari dan April hingga Juni. “Dimasa pandemi Covid-19 ini kami tidak membuka pendaftaran tatap muka. Namun melalui online. Silakan buka jelajahi www.ut.ac.id | www.padang.ut.ac.id. Download dan baca buku panduannya, kemudian buat email untuk pendaftaran mahasiswa. Untuk semester ini akan tutup pendaftaran 13 Januari mendatang. Buruan daftar,” jelasnya.
Untuk jadwal kuliahnya, Sabtu – Minggu melalui virtual. Sedangkan ujian dilaksanakan dua kali setahun, Juni dan Desember.
“Ujian sebelum pandemi, dilakukan tatap muka di kelas pada sekolah-sekolah mitra UT. Namun, sejak wabah ini dilaksanakan secara online di website yang sudah ditentukan. Disana mahasiswa mengambil naskah ujian dan dikerjakan. Untuk waktu pengerjaannya selama enam jam. Khusus daerah terkendala jaringan, kami melaksanakannya secara tatap muka, dengan patuhi protokol kesehatan mulai dari jaga jarak,” jelas Musmeldi.
Disamping itu, di UT juga tersedia beasiswa Bidikmisi, CSR, dan beasiswa berprestasi, ada kegiatan mahasiswa secara nasional (disporseni). Kelebihannya, UT memiliki kantor pelayanan seluruh Indonesia dan 42 Negara dan menerima pindahan dari perguruan tinggi lain.
Khusus di Padang, Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Padang ada di Jalan Raya By Pass KM 13 Sungai Sapih, Kuranji, Padang 25159 (08116601414 / 0751-496633) – SMS/Whatsapp (082268114313/082268114314/08121513366). (009)

Leave A Reply

Your email address will not be published.